Senin, Juni 16, 2008

Road To UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana)

UKDW ? ya, itu nama salah satu universitas di Yogyakarta. Dan nampaknya akan menjadi tempatku melanjutkan 'Study' ku.

Di tahun 2008 ini, saya akan memasuki dunia perkuliahan. Ya, walaupun dengan jalan yang tidak mudah sih. Jika melihat ke belakang seakan perjalananku ini benar-benar hebat dan sungguh di luar perkiraan bahkan perkiraanku sendiri.

Saya tidak akan menceritakannya terlalu jauh, karena akan sangat panjang nantinya, hehehe.
Saya akan mulai dari setaun yang lalu atau tepatnya saat saya mengikuti Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Tingkat Nasional XV Sabuga,Bandung 2007 bidang lomba Web Design mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada saat di Bandung, tepatnya saat acara penutupan LKS Nasional XV, Bapak Gatot selaku pimpinan Dikmenjur mengatakan bahwa seluruh juara LKS provinsi berhak mendapatkan beasiswa unggulan untuk melanjutkan studi.
Ya, berarti semua peserta LKS Tingkat Nasional XV berhak memperolehnya karena yang menjadi peserta merupakan juara-juara di provinsinya.

Dari sanalah muncul 'harapan' untuk melanjutkan kuliah. Walaupun kemudian saya tidak jadi mendapatkan beasiswa tersebut karena pada tahun tersebut saya belum lulus, namun kejadian tersebut membawa dampak pada hasil saat ini.

Setelah sampai di Yogya setelah mengikuti LKS Nas di Bandung, saya dihadapkan pada suatu tawaran untuk "magang" di PT. AIT (saya lupa singkatannya... perusahaan micro chip kalau gak salah.. hehe) Batam.

Sebelum pergi ke Bandung, saya telah mengikuti tes nya (sampai tes kesehatan) dan dinyatakan lulus. Jadi, saat pulang tinggal tanda-tangan kontrak.

Pada saat membaca perjanjian pada kontrak tersebut di Showroom SMK N 2 Depok Sleman, kemudian muncul keragu-raguan untuk pergi ke Batam. Ada beberapa pertimbangan saat itu, dan salah satunya adalah Tidak dapat kuliah pada saat lulus nanti yaitu tahun 2008 ini.

Setelah berpikir sejenak, saya memutuskan untuk tidak menandatangani dan mengembalikan surat perjanjian tersebut. Walau dibawah tekanan pihak sekolah (terutama), saya mengambil keputusan yang sangat beresiko pada saat itu.

Sungguh-sungguh sebuah situasi yang membuat saya benar-benar tertekan saat itu. Namun itulah keputusanku. Resiko yang saya hadapi saat itu bisa saja di Blacklist oleh pihak sekolah saat kelas 4 nanti, dipersulit untuk kelulusan, dan sebagainya.

Setelah pertemuan di showroom tersebut, saya menghadap Bapak Suswantara (BKK-SMK N 2 Depok). Di sini, saya tidak akan menceritakan secara "gamblang" pertemuan saya dengan Pak Suswantara. Memang beliau sempat mengatakan kepada saya bahwa jangan terlalu mengharapkan beasiswa untuk kuliah (terkait masalah beasiswa unggulan dari pemerintah), dan saya juga tidak begitu mengharapkan saat itu, walau memang harus dicoba dulu sih.(begitu pikirku saat itu).

Beberapa hari kemudian, saya memutuskan untuk melakukan Kerja Praktek/Praktek Industri di Puskom (Pusat Komputer) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta. Dengan terus berusaha, mendapatkan beasiswa unggulan. Namun, kendala saat itu adalah ijazah yang belum keluar. Dan pada tahun ini saya mencoba mencari kesempatan tersebut namun tidak ada kejelasan dan info yang saya dapatkan adalah untuk 2008 ini beasiswa hanya diperuntukan bagi yang sudah kuliah.

Pada sekitar bulan Maret 2008, saya mendapatkan informasi bahwa di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dibuka "Early Program" untuk penerimaan Mahasiswa Baru. Dan memang Jurusan Informatika nya merupakan yang terbaik di Yogyakarta. Dan saya juga menfavoritkannya.
Pada "Early Program", Mahasiswa Baru (MABA) dapat memperoleh potongan uang sumbangan mencapai 100%. Dengan keadaan ekonomi keluarga seperti ini, memang mustahil dapat membayar uang sumbangan yang mencapi berpuluh-puluh juta.
Untuk biaya semesterannya bisalah diusahakan, pikirku saat itu. Walau beberapa saat setelah itu, diketahui bahwa orang tua juga kesulitan membiayai untuk semesterannya (hahahaha).


Ok2.. setelah saya melakukan tes dan memperoleh hasilnya. Ternyata saya hanya mendapatkan potongan 25% saja (hiks2...)

Ya sudah, tidak mungkin saya bisa kuliah, pikirku saat itu. Sambil berusaha menekan supaya potongan sumbangan dapat dinaikkan dengan cara menemui salah satu Dosen di UKDW. Tapi apa boleh buat, tidak ada keringanan lagi dan berarti tidak ada kuliah di UKDW.

Kira-kira awal bulan Mei 2008, saya mendapatkan informasi dari saudara sepupu saya bahwa ada beasiswa di UKDW untuk kuliah secara gratis (akan ditinjau nilai disetiap semesternya). Formulir pendaftaran yang dibagikan melalui pendeta-pendeta (saya sendiri beragama Katholik jadi sedikit punya kenalan seorang pendeta hehe...) ini ternyata sulit untuk didapatkan.
Saudara sepupu saya saja, tidak sanggup mencarikannya. (walaupun belakangan saya mengetahui bahwa formulir tersebut di sediakan di bagian PMB hehehe).

Akhirnya saya memperoleh formulir pendaftaran beasiswa (YKHD) tersebut dari Pak Yuni (Guru Jurusan T. Informatika SMK N 2 Depok Sleman).

Setelah itu, saya mencoba melengkapi syarat-syarat yang ditetapkan, walaupun dengan agak santai mengingat 2 minggu berikutnya telah dimulai tes untuk gelombang I. namun karena adanya dukungan dari keluarga (mami ku) dan dari teman-teman dan Bapak-Ibu di sekitarku.
Akhirnya saya dapat melengkapi persyaratan dan memantapkan untuk mendaftar di gelombang I.

Akhirnya saya mengikuti test pada tanggal 21-05-08 dengan nomor urut 120 dari 121 pendaftar ( nomor 121 nya ga dateng lagi.. jadinya saya nomor terakhir hehehe) karena syarat pendaftaran baru dilengkapi setengah jam sebelum tes potensi akademik.
Tes yang melalui 3 tahap yaitu, tes potensi akademik, tes bahasa inggris, dan wawancara.

Akhirnya tanggal 23-05-08 saya mengambil pengumuman (dalam bentuk amplop) di UKDW. Dan hasilnya saya diterima dengan beasiswa yang meliputi uang sumbangan dan biaya semester 1 (SPP, SKS, dsb). (Suratnya seperti pada gambar... hehehe)

Sekarang, perjalanan baru akan saya tempuh dan dengan bentuk tantangan yang baru juga.

Terima Kasih kepada keluarga, teman-temanku, bapak-ibu guru SMK N 2 Depok Sleman khususnya jurusan T. Informatika, Bapak-Ibu dosen dan karyawan T. Industri UPN "V" Yogyakarta,Bapak Ibu Pelita Kasih, dan semua yang kenal dengan saya yang telah memperhatikan, membantu, dan mendukung dalam segala hal di setiap perjalanan hidupku, tidak lupa syukur kepada SANG PENCIPTA yang telah merencanakan semua ini dan Putranya Yesus Kristus serta Roh Kudus yang terus membimbing hambanya.

Saya mohon maaf, jika ada yang kata-kata yang kurang berkenan. Terima Kasih.

Ivan



Label: ,

1 Komentar:

Blogger Teguh Arya Kurniawan mengatakan...

Hi Ivan...


lam kenal ya,,, besok kita bakalan satu perjuangan nie...

aku juga di UKDW masuk lewat jalur beasiswa YKHD,,, jurusannya juga di TI lagi...

sampe ketemu besok ya...

1 Agustus 2008 pukul 23.06  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda